Jumat, 16 April 2010

HASAD

BISMILLAH
BI MUHAMMAD WA AALI MUHAMMAD

Imam Ja'far as berkata bahwa Nabi SAWW bersabda : "Hasad dan Ujb serta kesombongan adalah racun bagi agama"

"Wahai saudaraku...berlakulah bijiak pada jiwamu, selalulah perhatikan kondisinya. Adakah benih kedengkian juga Hasad didalamnya, perhatikanlah apakah kalian memandang diri kalian LEBIH dibanding yang lain hingga BANGGA diri menjadi dekorasi hari-harimu, perhatikan bagaimana keadaanmu.

"Sesungguhnya orang yang BANGGA diri akan merasa sakit hati ketika melihat orang selainnya memperoleh karuniaNYA apapun bentuknya, dan bisa jadi akan hilang KEDENGKIAN itu ketika karuniaNYA terhadap orang yang didengki LENYAP, penDENGKI takkan tahan melihat orang selainnya memperoleh keberuntungan atau peroleh anugrah kelebihan dariNYA, terkadang didhahirkan kedengkiannya dengan ucapan-ucapan hingga dosa lain ia lakukan seperti ghibah ataupun namimah.

"Bisa jadi kalian memiliki DENGKI akibat rasa permusuhan terhadap musuh kalian, tanpa sebab yang jelas kalian hanya TIDAK senang dengan apa-apa yang musuhmu peroleh, bahkan mungkin meski musuhmu melakukan kebaikan sekalipun,kenalilah keadaanmu wahai saudaraku...sungguh kalian takkan pernah menyangka betapa dahsyah akibat dosa karena kedengkian"

"Apakah kalian termasuk mereka yang memendam gagasan dan harapan akan hilangnya kenikmatan dan karunia yang diperoleh orang-orang selainmu? carilah penyebabnya dan hentikan serta perbaikilah sakitnya jiwamu."

Sesungguhnya Dengki dan Hasad juga melanda mereka yang rendah diri juga putus asa, secara tak sadar mereka pertanyakan karuniaNYA dan meragukan keadilanNYA SWT, terkadang juga keheranan yang luar biasa akibat jahil dengan pertanyaan2 dalam batin-batin mereka:

"BAGAIMANA MUNGKIN SI FULAN MEMPEROLEH ITU, BUKANKAH DIA BEGINI DAN BEGITU sama denganku BAHKAN AKU LEBIH BAIK DARINYA"

"Wahai jiwa-jiwa yang malang, jika kalian termasuk dalam golongan mereka yang memperoleh amanat berupa kekuasan ataupun kelebihan dalam duniamu maka berjaga-jagalah jangan sampai kalian biarkan benih-benih DENGKI bersemayam. Sungguh Cinta akan kekuasaan dan duniawi akan membuat kalian khawatir akan gangguan tertentu dari pihak lain yang sama atau melebihi kalian,ketakutan dan kekhawatiran akan meyesakkan dada-dada kalian juga membuat SEMPIT hidupmu, kalian hidup dalam ketakutan akan tujuan yang kalian khayalkan akan terganggu oleh selainmu"

Wahai kalian para pendengki, sempit nian dada dan hatimu, kalian merasakan siksaan langsung dariNYA akibat dengkimu, tak ada ketenangan dalam hidupmu sementara mereka yang kalian jadikan obyek kedengkian takkan pernah bisa kalian kalahkan, bisa jadi kalian para pendengki telah keluar dari wilayah kaum mukminin tanpa kalian sadari, sempitnya hatimu adalah buktinya dan FirmanNYA adalah hujjah nyata bagi kalian para pendengki :

Allah SWT berfirman :
" LUASNYA BUMI-KU MAUPUN LANGIT-KU TAKKAN DAPAT MEMUAT-KU..HATI SEORANG MUKMIN LAH YANG DAPAT "

"Wahai jiwa-jiwa yang malang, kegelapan dan kesempitan yang kalian alami sebab DENGKI kalian benar-benar takkan dapat dibayangkan,sempit dan sesak hidupmu sementara himpitan kubur menantimu..apakah kalian menyangka akan selamat sebab dengki pada saudaramu dan selainmu? Sadarilah keadaanmu bahwa sekarangpun kalian telah menderita dan sengsara karena dengkimu.

Bukankah karena dengki kalian menjadi congkak dan umpat serta maki saudaramu,kalian berlaku licik juga terkadang karena dengki,sungguh dalam kedengkian berbalut Ujb' kalian tampilkan diri-diri kalian sebagai sosok yang lain, kalian tampilkan diri-diri kalian sebagai pribadi unik, namun ketika ada selainmu yang memiliki kelebihan dan memperoleh karuniaNYA dengan serta merta segala upaya menjatuhkan akan kalian lakukan, ketika Allah SWT berkehendak lain dan menarik karuniaNYA dari target dengkimu maka kalian merasa puas sementara kalian telah tersesat dan disesatkanNYA karena kesombonganmu, kalian sedang celaka namun merasa aman.

Wahai saudaraku, jadilah bijak dan pikirkan akibat buruk dari segala sesuatu, sadarlah dan bersihkan dirimu dari kotornya kedengkian, ujub dan kibr. Koreksilah keadaamu dan berhentilah mengoreksi selainmu sebelum benar dirimu, jika tidak maka akar-akarnya akan semakin kukuh tertanam dan ketika habis masamu sedangkan benihnya masih ada tanpa kalian sadari maka celaka dan kesengsaraan Barzakh sudah pasti bagimu...

"Sesungguhnya niat yang jelek berasal dari akhlaq yang jelek,dan kalian takkan mampu berakhlaq baik jika dijangkiti kotoran-kotoran hasad, ujub dan kibr, walaupun kalian tampil bersih dan terlihat bersih, kalian mampu samarkan keadaanmu dimata makhlukNYA namun sempit hatimu takkan dapat kalian tutupi selamanya"

Wahai diri yang malang, lisanmu bertauhid namun batinmu meragukan keadilanNYA, kalian secara lisan berdasar pengetahuanmu berkata bahwa segala dariNYA adalah baik namun pengetahuanmu tak membawamu pada keyakinan. Sungguh hasad dan segala macam kotoran batin lainnya adalah bukti termudah bahwa klaimmu sebagai mukmin harus kembali kalian pertanyakan, berhitunglah sebelum kalian dihitungNYA.

Wahai saudaraku, bukankah kalian pernah mendengar bahwa kedengkian merusak Iman bagaikan Api membakar kayu bakar? Maka periksalah diri kalian..tidakkah kalian memendam iri terhadap selainmu,bukankah kalian kurang rela terhadap nikmat yang diterima saudara ataupun sahabatmu?

Sedang kemana kalian berjalan, Wahai Faqih,Wahai Alim, Wahai Salik,Wahai zahid? Periksalah diri-diri kalian sebelum habis masamu, kalian merasa lebih dari selainmu hingga tak rela jika kebaikan selainmu terdengar oleh telingamu, sungguh hijab ujb' telah menyebabkan hasad kalian terhadap sesamamu, lalu bagaimana mungkin kalian klaim bahwa KEBAHAGIAAN saudaramu adalah kebahagiaan kalian jua.

Wahai saudaraku, jika kalian berakal maka sudah pasti kalian akan bersegera membenahi diri dan batin kalian, lindungilah diri-diri kalian dari api kedengkian yang membakar serta menjalar. Sungguh jika kedengkian membawamu pada dosa-dosa yang lain seperti ghibah dan namimah maka akan semakin dalam kalian terjerumus dalam lubang kenistaan serta semakin berat untuk membersihkannya, kalian meragukan keadilanNYA dan sekaligus memakan bangkai saudaramu, kalian nistakan hak saudaramu. Takkan ada ampunan sebelum ridha dan maaf dari korbanmu kalian terima.

======================ooo0000ooo=====================

HADITS QUDSYI:
==========

Imam Ja'far as berkata bahwa nabi SAWW bersabda: Allah SWT berfirman kepada Musa (as), "Wahai putra Imran..janganlah sekali kali engkau DENGKI kepada manusia karena karunia yang AKU anugerahkan kepada mereka dan janganlah kau arahkan pandanganmu kepada hal itu serta janganlah kau turuti perasaan DENGKI itu. Sesungguhnya orang yang DENGKI berarti jengkel kepada nikmatKU dan menggugat pembagian anugerah yang AKU TETAPKAN diantara hamba-hambaKU...Barangsiapa berlaku demikian maka AKU tidak berhubungan dengannya dan dia tidak berhubungan denganKU" (Ushul Kafi vol.III hal.418 )

MAIN SOURCE: Syarah 40 Hadits Imam Khomeini, S.Ibnu Mustafa Al Husayni
Ama @Al Jufrie Note's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar